Monday, March 11, 2013

Musibah Terbesar

*MH*

Masalah 45: MUSIBAH TERBESAR ADALAH MUSIBAH YANG MENIMPA AGAMA

Tanya:
​​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Ustadz
Afwan, ada pertanyaan sbb :

Sy mau tny adakah hadist yg isi nya : sebaik baik nya ujian dr Alloh adalah bukan ujian Agama .
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Mhn jawaban dari Ustadz, Syukron jazakallahu khairan


Jawab:
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Maaf sy belum mengetahui hadits yang maknanya seperti itu. Tetapi di sana terdapat suatu hadits yg menerangkan bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam berdoa kepada Allah agar Allah tidak menimpakan mushibah atau ujian kepada beliau dalam urusan agama, yaitu doa beliau berikut ini:

وَلَا تَجْعَلْ مُصِيبَتَنَا فِي دِينِنَا، وَلَا تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا، وَلَا مَبْلَغَ عِلْمِنَا

"Ya Allah, Janganlah Engkau jadikan musibah yang menimpa kami dalam urusan agama kami, dan jangan pula Engkau jadikan (harta dan kemewahan) dunia sebagai cita-cita kami yg paling besar, dan tujuan utama dari ilmu yg kami miliki." (Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi V/528 no.3502, An-Nasa'I dalam As-Sunan Al-Kubro VI/106, Al-Hakim I/528, dan Ibnu As-Sunny dalam Amalul Yaum wa Al-Lailah no.445).

DERAJAT HADITS tersebut HASAN (baik), sebagaimana dinyatakan oleh syaikh Al-Albani di dalam Shohih Sunan At-Tirmidzi III/168 no.2783, dan Shohih Al-Jami' I/400.

MAKNA HADITS: Doa Nabi yg berbunyi: "Jangan Engkau Jadikan musibah yang menimpa kami dalam urusan agama kami" maksudnya ialah janganlah Engkau menimpakan kepada kami suatu musibah yang menyebabkan berkurang atau hilangnya agama dan keimanan kami, seperti musibah berbuat kemurtadan, kemusyrikan dan kekufuran, atau memiliki keyakinan yg sesat dan batil, atau melalaikan kewajiban dan bermalas-malasan dlm mnjalankan ketaatan, melakukan hal2 yg haram, atau berkuasanya orang2 kafir dan munafik atas kaum muslimin, dsb. demikianlah maksud doa Nabi di atas,
karena musibah dalam urusan agama merupakan sebesar-besarnya musibah yg menimpa seorang hamba di dunia, dan hal ini akan menyebabkan kesengsaraan dan kebinasaannya di akhirat kelak.

Demikian jawaban yg bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Penanya:
Alhamdulillah, Syukron jazakallahu khairan  ya Ustadz

Jawab:
آمين يا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ, وَ ​جَزَاك اللّهُ خَيْرًا

No comments:

Post a Comment