Wednesday, January 9, 2013

Dibalik Ketegaran Imam Ahmad

*Mamoadi*

#Dibalik ketegaran imam Ahmad#

Imam Ahmad disiksa selam dua tahun lebih oleh khalifah al Mu'tashim billah, karena beliau dipaksa untuk mengatakan bahwa alqur'an adalah makhluk. Beliau begitu tegar dan sabar menghadapinya, sehingga beliau dijuluki sebagai imam Ahlussunnah.
Tahukah anda diantara sebab yang membuat imam Ahmad tegar???
Abdullah anak imam Ahmad berkisah:
"Aku seringkali mendengar ayahku berkata, "Semoga Allah merahmati Abul Haitsam, semoga Allah mengampuni dan memaafkan Abul Haitsam."
Aku berkata, "Hai ayah, siapakah Abul Haitsam ??
Imam Ahmad berkata, "Ketika aku hendak disiksa, tiba tiba ada seorang pemuda menarik bajuku dari belakang dan berkata, "Kamu tahu siapa aku?"
Aku berkata, "Tidak."
Ia berkata, "Aku adalah Abul Haitsam, pencuri paling jahat, tertulis di dewan amirul mukminin bahwa aku dicambuk delapan belas ribu kali cambukan, namun aku sabar untuk mentaati setan dan meraih dunia, maka sabarlah kamu untuk mentaati Ar Rahman membela agama."
(Sifatushofwah 2/351 karya ibnul Jauzi).

No comments:

Post a Comment