Monday, March 11, 2013

Amalan Wanita Haid Ketika Umroh Dan Haji

*MH*

Masalah 79: AMALAN-AMALAN YANG BOLEH DILAKUKAN WANITA HAIDH KETIKA UMROH DAN HAJI


Tanya:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Afwan ustadz mengganggu, ada pertanyaan dr member yg sdg di madinah & akan melaksanakan ibadah umroh. Namun qodarAllah  beliau memdapat haid menjelang brkt ke makkah dari madinnah. Apakah beliau msh bisa melaksanakan umroh? Dan kegiatan apa saja yg boleh beliau lakukan di dalam mesjidil haram selain shalat & tawaf?



جَزَاك اللهُ خَيْرًا
Semoga ustadz berkenan menjawabnya


وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



Jawab:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Seorang wanita yg haid dan akan menunaikan ibadah haji atau umroh dibolehkan berihram dan menetapkan niatnya utk haji atau umroh, dan dibolehkan pula melakukan apa saja yg dilakukan oleh jama'ah haji dan umroh spt mengucapkan talbiyah (Labbaika allahummah labbaik, labbaika La Syarika Laka Labbaik) di sepanjang perjalanannya dari Madinah menuju Mekkah, membaca doa, dzikir dan Al-Quran, duduk di dlm masjid utk mendengarkan taushiyah atau membaca Al-Quran, kecuali sholat dan thowaf di seputar Ka'bah maka kedua amalan ini dilarang bagi wanita haidh, karena keduanya disyaratkan bersuci dari haidnya tsb.


Demikian pula wanita haidh dibolehkan melakukan sa'i (lari kecil) antara bukit shofa dan marwa, karena di dalam sa'i tidak disyaratkan bersuci dlm mnjalankannya, sbgmn sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam kpd Aisyah rodhiyallahu anha ktk ia mngalami haid dlm prjalanan haji brsma Nabi: "Lakukanlah apa sj yg dilakukan oleh org yg sedang menunaikan manasik haji, hanya sj engkau dilarang melakukan thowaf di seputar ka'bah." Demikian jawaban sy. Wallahu a'lam bish-showab.


Penanya:

afwan ustadz, kalo utk tawafnya gimana ya? Apabila sampai pulang haidnya blm berhenti juga

Jawab:

Jika darah haidh mengalir trs dr seorang wanita muslimah yg sdg menunaikan ibadah haji atau umroh, maka hendaknya ia menunggu n melihat kpd kebiasaan haidnya pd bulan2 sebelumnya. Jika kebiasaannya satu pekan (7 hari) dan trnyata ktka di mekkah lbh dari itu, maka darah yg keluar stlh jumlah hari kebiasaannya itu dianggap darah istihadhoh, maka hendaknya dia mandi dan sholat serta menunaikan thowaf di seputar ka'bah krn ia trmsuk rukun haji n umroh. Wallahu a'lam bish-showab.


Penanya:

Atas jawabannya جَزَاك اللهُ خَيْرًا ustadz

Afwan sudah mengganggu waktu ustadz.

Sangat bermanfaat jawabannya, terutama utk penanya. بَارَكَ اللّهُ فِيْكُمْ


Jawab:

آمين يا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ, وَ ​بَارَكَ اللّهُ فِيْكُمْ

No comments:

Post a Comment