Wednesday, January 9, 2013

Hati Itu Bagaikan Benteng

*Mamoadi*

#HATI ITU BAGAIKAN BENTENG#

Bismillah,
Hati bagaikan benteng  yg disekelilingnya ada pagar dan pagar itu mempunyai beberapa pintu. Sekalipun pintu itu ditutup rapat, namun pagar itu masih memiliki celah2 yg dpt dimasuki.

Bala tentara Iblis trs menerus melancarkan serangan, agar peperangan trs berkecamuk ddlm hati.

Hanya kesempurnaan pikiran dan kejernihan dzikirlah yg dpt mjd benteng.
Selama Iman ttp kokoh, mk anak panah musuh tidak akan smp dkancah peperangan.

Seseorang pernah bertanya kpd Hasan al-Basri,"Apakah Iblis juga tidur?" Beliau mjwb,"Andaikata Iblis tidur, tentu kita bs beristirahat."
(Talbis Iblis, Ibnu Jauzi)

Syaikh As-Sa'di berkata, "Kerasnya hati termasuk hukuman yg paling parah yg menimpa manusia. Ayat2 dan peringatan tidak lagi bermanfaat baginya. Dia tidak merasa takut melakukan kejelekan dan tidak terpacu melakukan kebaikan, shg petunjuk (ilmu) yg smp kpdnya bukan menambah kebaikannya tapi justru menambah buruk keadaannya."
- Wal 'iyadzubillah -

Ibnul Qayyim mengatakan, "Tatkala mata telah mengalami kekeringan disebabkan tidak pernah menangis karena takut kpd ALLAH Ta'ala, maka ketahuilah bhw sesungguhnya kekeringan mata itu bersumber dr kerasnya Hati. Dan Hati yang paling keras adalah hati orang2 yg jauh dr ALLAH ."
[Bada'i Al-Fawaid (3/743)]

"Ketahuilah didalam jasad ada segumpal daging. Apabila baik maka baiklah seluruh jasadnya, dan apabila rusak maka rusaklah seluruh jasadnya. Ketahuilah, dia adalah HATI."
(HR. Bukhari dan Muslim)

[Ust. Abu Faiz]

Semoga bermanfaat.

                     ⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴┈̥-̶̯͡⌣̊

No comments:

Post a Comment