Monday, August 20, 2012

2 Jurus Ampuh Setan Menyesatkan Manusia

*Abu Ayaz*

Bismillah,
Diriwayatkan dari Abu Barzah Al-Aslami radhiyallahu anhu, bhw Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
إِنَّ مِمَّا أَخْشَى عَلَيْكُمْ شَهَوَاتِ الْغَيِّ فِي بُطُونِكُمْ وَ فُرُوجِكُمْ وَمُضِلَّاتِ الْفِتَنِ
"Sesungguhnya di antara perkara yg aku takutkan akan menimpa kalian adalah syahwat (keinginan dan kecenderungan jiwa) yg tidak lurus untuk mengikuti apa yg diinginkan oleh perut kalian dan kemaluan kalian, serta fitnah2 yg menyesatkan.”
TAKHRIJ HADITS:
Hadits ini diriwayatkan oleh imam Ahmad di dalam Al-Musnad IV/420 no.19787.
DERAJAT HADITS:
Hadits ini derajatnya SHAHIH, sebagaimana dinyatakan oleh Syaikh Al-Albani di dlm Shahih At-Targhib wa At-Tarhib I/12 no.52, dan II/246 no.2143)
BEBERAPA PELAJARAN DAN FAEDAH ILMIYAH YG TERKANDUNG DI DALAM HADITS:
Pelajaran Pertama :
Di dlm hadits ini Nabi menyebutkan dua jenis fitnah (godaan), yaitu fitnah syahwat dan fitnah syubhat. Kedua fitnah ini sesungguhnya juga telah menimpa orang2 zaman dahulu dan telah membinasakan mereka. (Silakan baca firman Allah di dalam surat At-Taubah, ayat 69)
Oleh karena itulah sebagian ulama dari generasi As-Salaf Ash-Shalih dahulu mengatakan: “Waspadalah kamu dari dua jenis manusia: Pengikut hawa-nafsu yg telah disesatkan oleh hawa-nafsunya (inilah fitnah syubhat, pen), dan pemburu dunia yg telah dibutakan oleh dunianya (inilah fitnah syahwat, pen)”.
Mrk juga mengatakan: “Waspadailah kesesatan seorang ulama yg durhaka (karena terkena fitnah syahwat, pent), dan kesesatan ahli ibadah yg bodoh (karena terkena fitnah syubhat). Hal ini dikarenakan kesesatan keduanya itu merupakan (penyebab) kesesatan tiap2 org yg tersesat.”
Pelajaran Kedua :
Orang yg memiliki ilmu agama yg berbuat maksiat dan durhaka kpd Allah itu menyerupai orang2 Yahudi yg dimurkai, yaitu orang2 yg mengetahui kebenaran, tetapi tidak mengikutinya atau tdk mengamalkannya.
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment