Monday, August 20, 2012

Dalam Bimbingan Islam

*Kholid Syamhudi*

Hendaknya setiap orang berusaha sekuat tenaga untuk MEMPERTAJAM INTROSPEKSI atas dirinya, memperbanyak mempelajari ilmu dien, dan memberikan peringatan kpd manusia. Setiap manusia akan memasuki medan perang yang dahsyat. Maka hendaknya dia memiliki kewaspadaan terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi.
Pusatkan perhatian untuk membersihkan jiwa, menyucikan batin, dan memperbaiki kesalahan-kesalahannya dgn taubat dan istighfar. Karena jika ternyata ia ditarik oleh Sang Pemilik Hidup, maka cukuplah niatnya menjadi "tabungan", karena niat seorang mukmin bisa jadi lebih baik dari pada amalnya.
"Dan orang-orang yg berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukan kpd mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya ALLAH benar-benar beserta orang yg berbuat baik."
(Al-Ankabuut: 69)

Ibnul Jauzi berkata, "Barangsiapa mengingat akhir dunia pasti akan berhati-hati, demikian pula barangsiapa yg mengetahui panjangnya jalan yg hrs ditempuh pasti ia akan giat utk berangkat."
Sufyan ats-Tsauri mengatakan, "Barangsiapa yang telah mencapai umur seperti Rasulullah, maka hendaklah ia mempersiapkan kain kafannya."
Namun ada juga ulama yg dikaruniai umur mencapai 70 th spt Imam Ahmad. Jika seseorang mencapai umur sekian, hendaklah ia menyadari bahwa ia sedang berada ditepi kuburnya. Jika usia mencapai 80 th, hendaklah ia mempersiapkan diri lebih matang lagi untuk menyambut perjalanannya yg panjang.
Manusia yg dikaruniai hikmah, kebaikan dan petunjuk, akan mengumpulkan ilmu yg berserakan, merapikan apa yang belum teratur dlm kehidupannya serta senantiasa meluruskan dan memperbaiki niatnya.

MARILAH BERUSAHA SEKUAT TENAGA UNTUK,,,
MENGGORESKAN TINTA EMAS AMAL SHALIH ..
BERBAGI ILMU DIEN ..
MENGINFAQKAN KITAB-KITAB, serta MENAFKAHKAN HARTA DI JALAN ALLAH ..
SEMOGA ALLAH MUDAHKAN ...
-donasi perpustakaan ponpes ibnu Abbas, Sragen liat www.binabbas.org atau www.ustadzkholid.com

No comments:

Post a Comment