Monday, August 20, 2012

Satu Kepastian

*Kholid Syamhudi*

Rezeki dan Harta Datangnya dari Allah yang maha kaya dan pemberi rezeki
Semua mukmin beriman dengan penuh bahwa rezeki semua makhluk ada dikekuasaan Allah yang maha pemberi rezeki.
Allah hanya memerintahkan kita untuk mewujudkan ibadah dan menanggung semua rezeki dan makanan, sehingga tidak akan meninggalkan dunia ini sampai kita mendapatkan rezeki dengan sempurna. Namun untuk memperolehnya ternyata harus dengan usaha.
Inilah yang dijelaskan Rasulullah n dalam sabdanya:
لَيْسَ مِنْ عَمَلٍ يُقَرِّبُ مِنَ الْجَنَّةِ إِلاَّ قَدْ أَمَرْتُكُمْ بِهِ وَلاَ عَمَلٍ يُقَرِّبُ مِنَ النَّارِ إِلاَّ وَقَدْ نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ فَلاَ يَسْتَبْطِئَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ رِزْقَهُ فَإِنَّ جِبْرِيْلَ أَلْقَى فِيْ رَوْعِيْ أَنَّ أَحَدًا مِنْكُمْ لَنْ يَخْرُجَ مِنَ الدُّنْيَا حَتَّى يَسْتَكْمِلَ رِزْقَهُ فَاتَّقُوْا اللهَ أَيُّهَا النَّاسُ وَأَجْمِلُوْا فِي الطَّلَبِ فَإِنِ اسْتَبْطَأَ أَحَدٌ مِنْكُمْ رِزْقَهُ فَلاَ يَطْلُبْهُ بِمَعْصِيَةِ اللهِ فَإِنَّ اللهَ لاَ يُنَالُ فَضْلُهُ بِمَعْصِيَتِهِ
Tidak ada satu amalan pun yang mendekatkan kepada syurga kecuali telah aku perintahkan kepada kalian, dan tidak pula satu amalan yang mendekatkan kepada neraka kecuali aku peringatkan kalian darinya. Maka janganlah salah seorang di antara kalian menganggap lambat rezekinya, karena Jibrîl telah menyampaikan ke hatiku bahwa seorang dari kalian tidak akan meninggalkan dunia ini hingga sempurna rezekinya. Hendaknya kalian bertakwa kepada Allah k dan memperbagus dalam mencarinya, karena siapa saja dari kalian yang mengganggap lambat rezekinya maka jangan sampai mencarinya dengan berbuat maksiat kepada Allah, karena keutamaan Allah tidak didapat dengan kemaksiatan.
Demikianlah Allah membagi-bagi rezeki kepada hamba-hambaNya dengan memberikan kepada mereka sebab-sebab materi dan sebab-sebab agamis (spritual).
Semoga bermanfaat dan tdk mengganggu.

No comments:

Post a Comment