Thursday, April 4, 2013

Ahlussunnah

*Rudhy di bbg Iqra'*

Rudhy:
Di akhir jaman seperti skrg ini telah muncul begitu banyak kelompok2, aliran2 agama, firqoh2 keagamaan. Hingga terkadang kita menjadi bingung harus berpegang dgn yg mana. Krn semua kelompok mengklaim bahwa kelompoknyalah pembawa Al-haq, pembawa kebenaran, kelompoknyalah yg dimaksud aswaja, ahlusunnah waljama'ah.
Lalu siapakah sebenernya yg dimaksud ahlusunnah itu..?
Berikut sedikit penjelasan ttg Hal ini:

Ahlus Sunnah adalah siapa saja yang mengikuti manhaj (metode, jalan, petunjuk) Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam dan para Sahabatnya dalam beragama.

Jalan inilah yang dimaksudkan Allah subhanahu wa ta'ala dalam firman-Nya, "Dan sesungguhnya inilah jalan-Ku yang lurus maka ikutilah jalan tersebut, dan janganlah kalian ikuti jalan-jalan (lainnya) sebab akan mencerai-beraikan kalian dari jalan Allah. Demikianlah Allah berwasiat kepada kalian agar kalian bertaqwa". (Al-An'am: 153).

Golongan ini pula yang dimaksud Rasulullah shallallahu'alaihi wa salllam dalam sabda beliau, "Ummatku akan berpecah belah menjadi tujuh puluh tiga golongan, seluruhnya akan masuk neraka, kecuali satu golongan. Para sahabat bertanya: Siapakah mereka itu, wahai Rasulullah? Beliau menjawab: yang berpegang teguh dengan ajaran yang aku dan para sahabatku jalankan sekarang ini”. (HR. Tirmidzi no. 2641, Hakim 1/129-128, dan lain-lain).

Tentu setiap Muslim berharap agar bisa menapaki jalan ini dan digolongkan Allah dalam golongan ini, demi meraih kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan akhirat.

Oleh karenanya, wajib bagi setiap Muslim untuk menuntut ilmu agama, mempelajari al-Qur'an dan as-Sunnah, mengenali aqidah, ibadah dan akhlaq Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam dan para Sahabat beliau, untuk kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dan tetap teguh di atasnya sampai kematian datang menjemput, sedang ia dalam keadaan husnul khatimah, insya Allah tabaraka wa ta'ala.

Maka sungguh rugi org2 yg tidak mau belajar ttg agamanya sendiri.

No comments:

Post a Comment