Wednesday, April 3, 2013

Sebab Utsman Buat Adzan Pertama Sebelum Jum'atan

*Abu Ayaz*

#Penyebab Utsman bin Affan membuat adzan pertama sebelum jum'atan#

Syaikh Masyhur -hafidzahullah berkata:
"Adzan yang diadakan oleh Utsman dahulu dilakukan di Zaura sebuah tempat di pasar.
Dalam sebagian riwayat disebutkan sebab diadakannya adzan tersebut: "Ketika di zaman khalifah Utsman, manusia (di kota madinah) menjadi banyak, dan rumah-rumah menjadi jauh (dari masjid)". (HR Abd bin Humaid).
Dalam sebagian riwayat: "Agar manusia mengetahui bahwa jum'at telah hadir".
Al Mawardi berkta, "Diadakan oleh Utsman agar orang-orang bersiap-siap menghadiri jum'atan, ketika kota Madinah semakin luas dan penduduknya semakin banyak."
Syaikh Masyhur berkata, "Sebab ini hampir tidak terwujuud di zaman ini... Karena masjid-masjid banyak ditemukan di sebuah kota. Sedangkan dahulu di Madinah hanya ada satu masjid jami' saja, dan ketika rumah-rumah telah banyak, semakin jauh dan tidak terdengar suara muadzin.
Adapun di zaman ini banyak didapati masjid dalam sebuah kota, terlebih mereka memakai alat pembesar suara, sehingga maksud diadakan adzan kedua sudah terhasilkan.
Oleh karena itu, di zaman Ali bin Abi Thalib, beliau di kota Kufah hanya melakukan adzan sekali sesuai dengan sunnah dan tidak menggunakan adzan tambahan yang dilakukan oleh utsman sebagaimana yg dikatakan oleh Al Qurthubi dalam tafsirnya (18/100).
(Al Qoulul Mubiin hal 353).

[Ust. Badru Salam, Al ilmu, radio Rodja]

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment