Thursday, April 4, 2013

Sebab Terkabulnya Do'a

*Rudhy di bbg Iqra'*

Mutiara Hadist

Sebab terkabulnya doa

Dari Abu Huroiroh radhiallahu 'anhu, Ia berkata, Rosulullah shalallahualaihiwasalam bersabda, "Sesungguhnya Allah itu baik, tidak menerima kecuali Ɣªήğ  baik. Dan sesungguhnya Allah ta'ala memerintahkan kpd kaum muslimin seperti apa Ɣªήğ  diperintahkan kpd para Rosul. Allah ta'ala berfirman, "Wahai para Rosul, makanlah dari (makanan) Ɣªήğ  baik, dan kerjakanlah kebajikan... (Qs Al mu'minuun:51) Dan Allah ta'ala berfirman, "wahai org2 Ɣªήğ  beriman! Makanlah dari Rizki Ɣªήğ  baik Ɣªήğ  Kami berikan kepadamu... (Qs Al Baqoroh:172) Kemudian Rosulullah shalallahualaihiwasalam menyebutkan seseorg laki2 Ɣªήğ  lama bepergian, rambutnya kusut, berdebu, dan menengadahkan kedua tangannya ke langit, Ya Robbi.... Ya Robbi...! Padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan Ia Kenyang dgn Ɣªήğ  haram, maka Bgmana doanya akan dikabulkan...??"
(Diriwayatkan oleh imam Muslim)

Ada byk faedah Ɣªήğ  bisa kita ambil dari hadist Ɣªήğ  mulia ini, diantaranya :
1. Allah tidak akan menerima amalan kecuali dari Ɣªήğ  halal.
2. Tidak Ada perbedaan Perintah Allah utk para Rosul dan utk umatnya kecuali bbrp hal Ɣªήğ  dikhususkan utk Rosul.
3. Perintah utk memakan makanan Ɣªήğ  baik dan beramal sholeh.
4. Safar adalah salah satu keadaan dimana doa tidak akan tertolak.
5. Salah satu adab dlm berdoa adalah mengangkat tangan, (doa2 mutlak Ɣªήğ  tak terkait waktu dan tempat)
6. Salah satu adab dlm berdoa Ɣªήğ  lain adalah diawali dgn memuji Allah.
7. Namun keadaan diatas akan tertolak jika kita berdoa terdapat penghalang2 terkabulnya doa yaitu pakaian dan minuman kita berasal dari Ɣªήğ  haram.

Semoga kita mampu menjaga diri kita dari sesuatu Ɣªήğ  haram, sehingga stiap doa kita dikabul oleh Allah azza wajalla...

No comments:

Post a Comment