Wednesday, April 3, 2013

Bid'ah2 Di Bulan Sya'ban

*Abu Ayaz*

#BID'AH-BID'AH DI BULAN SYA'BAN#


Allah berfirman:

اليوم أكملت لكم دينكم وأتممت عليكم نعمتي ورضيت لكم الإسلام ديناً  (سورة المائدة : 3)

Pada hari ini telah Kusempurnakan utkmu agamamu dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agamamu. Maka barangsiapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa,sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 5:3)

أم لهم شركاء شرعوا لهم من الدين ما لم يأذن به الله  (سورة الشورى :21).

Apakah mereka mempunyai sembahan2 selain Allah yg mensyari'atkan untuk mereka agama yg tidak diizinkan Allah (QS. 42:21)

Rasulullah bersabda:

عن عائشة رضي الله عنها عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: ( من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد ) (متفق عليه)

Dari 'Aisyah berkata, dari Nabi bersabda: "Barangsiapa yg membuat hal2 baru dlm perkara kami (agama islam) yg tidak termasuk darinya maka ia tertolak" (HR. Bukhari dan Muslim).

Ayat dan hadits diatas menunjukan bahwa syariat islam sudah sempurna dan tidaklah Allah mewafatkan nabi-Nya kecuali setelah ia menyampaikan semua syariat agama dgn jelas dan sempurna, maka siapa saja yang menambah sesuatu dlm syari'at islam pasti tertolak dan tidak akan diterima.

Ada beberapa amalan yg sering dilakukan dibulan sya'ban akan tetapi hal itu tidak ada contohnya sama sekali dari Rasulullah dan juga para shahabatnya serta para ulama yang mu'tabar, diantara amalan2 tersebut diantaranya:

1). Shalat Alfiyah,  yaitu shalat yg terdiri dari 100 rakaat yg dilakukan pada pertengahan sya'ban dgn berjamaah, pada setiap rakaatnya imam membaca surat al ikhlas 10 x, shalat ini didasarkan pada sebuah hadits palsu yg tidak ada asalnya dari Rasulullah.

2). Mengkhususkan malam nisfu sa'ban (pertengahan sya'ban) untuk melakukan shalat dan siangnya untuk berpuasa berdasarkan hadits palsu yang berbunyi:
(فقوموا ليلها وصوموا نهارها ..)  "shalatlah kalian dimalam harinya dan berpuasalah pada siang harinya".

3). Shalat tolak bala dan supaya panjang umur, yaitu shalat 6 rakaat yg dilakukan pada malam nisfu sya'ban, demikian pula membaca surat yasin pada malam tersebut.

Imam Al Ghazali rahimahullah mengatakan: "shalat2 ini sangat masyhur dikalangan muta'akhirin penganut aliran sufi yg saya tdk tahu bahwa shalat maupun doa2nya berdasarkan dalil yg shahih, akan tetapi itu semua tidak lain adalah bid'ah. Sahabat2 kami telah membenci untuk berkumpul2 pada malam nisfu sya'ban baik dimasjid maupun ditempat lainnya".

Imam Nawawi rahimahullah berkata: "shalat rajab (raghaib) dan shalat nisfu sya'ban adalah merupakan dua bid'ah yg mungkar serta sangat buruk".

Alangkah indahnya ungkapan yang berbunyi:

وخير الأمور السالفات على الهدى *
* وشر الأمور المحدثات البدائع

Sebaik-baik perkara adalah yang berdasarkan petunjuk *
* dan yang paling nuruk  adalah  bid'ah yang diada-adakan

Maka wajib bagi kita semua supaya beribadah sesuai dengan dalil dan contoh dari Rasululllah dan para sahabatnya yg mulia serta menjauhi segala bentuk ibadah yang diada-adakan dlm agama, karena semua hal baru dalam agama ini adalah bid'ah dan semua kebid'ahan adalah tempatnya di neraka.
Wal'iyadzu billah.

Semoga Allah selalu membimbing kita semua ke jalan-Nya yang lurus dan dijauhkan dari semua bentuk kesesatan dan dosa,
Aamin ya rabbbal 'aalamiin.

Sumber:
- website islam soal jawab.
- Majmu' fatawa Syekh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah (2/882)

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment