Wednesday, January 18, 2012

Beramal Sesuai Sunnah

*Abu Ayaz*

Beramal Sesuai Sunnah

Beramal yg sedikit tetapi sesuai Sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wassalam, pasti lebih baik daripada banyak tetapi bid'ah (Tdk sesuai dengan sunnah),krn akan ditolak amal itu. [Qs.33:21,3:51].
Rasulullah shallallaahu 'alayhi wa sallam brsabda:
"Barangsiapa beramal dg amalan yg tdk dilandasi oleh perintah kami maka ditolak". [Shahih HR. Muslim 1718,18].
"Barangsiapa yg mengada adakan (suatu hal baru) dalam urusan (agama) kami ini, yg bukan merupakan ajarannya, maka tertolak (sia2).[Shahih HR.Bukhari 2697. Muslim 1718].
"Sejelek jelek perkara dlm agama adalah yg diada-adakan, dan setiap yg diada-adakan adalah bid'ah dan setiap bid'ah adalah sesat". [Shahih HR.Muslim 867].
Tidak ada alasan utk membuat-buat bid'ah dalam agama karena segala sesuatu dalam agama telah dijelaskan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.
"Tidaklah Allah mengutus seorg Nabi melainkan wajib atasnya menunjukkan ummatnya kebaikan yg diketahuinya utk mereka, dan memperingatkan mereka dari keburukan yg diketahuinya untuk mereka". [Shahih HR.Muslim 1844].
Dari Abu Dzar beliau brkata: "Rasulullah telah pergi meninggalkan kami dan tidaklah seekor burung yg mengepakkan sayapnya di udara melainkan beliau telah menerangkan ilmunya kepada kami". Kemudian Abu Dzar berkata: "Nabi brsabda: 'Tidaklah sesuatu yg mendekatkan kalian ke surga dan menjauhkan kalian dari neraka melainkan telah dijelaskan semuanya kepada kalian". [Shahih HR. Ath Thabrani Mu'jam Kabir II/155-156 no 1647. Ibnu Hibban 65. Ash Shahihah 1803].

No comments:

Post a Comment