Monday, July 9, 2012

Hukum Imunisasi

*Abu Ayaz*

HUKUM IMUNISASI
Oleh : Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Pertanyaan.
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Apakah hukum berobat dengan imunisasi sebelum tertimpa musibah ?

Jawaban :
La basa (tidak masalah) berobat dengan cara seperti itu jika dikhawatirkan tertimpa penyakit karena adanya wabah atau sebab-sebab lainnya. Dan tidak masalah menggunakan obat untuk menolak atau menghindari wabah yang dikhawatirkan. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam dalam hadits shahih :

"Barangsiapa makan tujuh butir kurma Madinah (Ajwah) pada pagi hari, ia tidak akan terkena pengaruh buruk sihir atau racun" [HR. Bukhari : 5768 dan Muslim : 4702]

ini termasuk tindakan menghindari penyakit sebelum terjadi. Demikian juga jika dikhawatirkan timbulnya suatu penyakit dan dilakukan immunisasi untuk melawan penyakit yang muncul di suatu tempat atau di mana saja, maka hal itu tidak masalah, karena hal itu termasuk tindakan pencegahan. Sebagaimana penyakit yang datang diobati, demikian juga penyakit yang dikhawatirkan kemunculannya.

Tapi tidak boleh menggunakan jimat-jimat untuk menghindari penyakit, jin atau pengaruh mata yang jahat. Karena Nabi Shalallahu alaihi wa sallam melarang dari perbuatan itu. Beliau Shallallahu alaihi wa sallam sudah menjelaskan itu termasuk syirik kecil. Kewajiban kita harus menghindarinya.

[Fatawa Syaikh Abdullah bin Baz. Disalin dari Majalah As-Sunnah Edisi 03/Tahun X/1427/2006M. Dikutip dari kitab Al-Fatawa Al-Mutaalliqah bi Ath-Thibbi wa Ahkami Al-Mardha, hal. 203. DArul Muayyad, Riyadh]

http://almanhaj.or.id/content/1860/slash/0

Adapun untuk lebih luas dan lengkapnya pembahasan seputar perkara ini, bisa dilihat di link ini :

BAGAIMANA IMUNISASI DENGAN VAKSIN DARI ENZIM BABI?
http://www.abuayaz.blogspot.com/2010/12/imunisasi-dengan-vaksin-dari-enzim-babi.html?m=1

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment