Friday, July 6, 2012

Sebelum Engkau Menyalahkan Anakmu

*Mamoadi*

Sebelum Engkau Menyalahkan Anakmu

Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ مَوُلُودٍ إِلاَّ يُوْلَدُ عَلىَ الْفِطْرَةِ
“Tidaklah setiap anak yang lahir kecuali dilahirkan dalam keadaan fitrah [yaitu dalam keadaan Islaam, yang lurus aqidah dan akhlaqnya]
فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ
Maka kedua orang-tuanyalah yang akan menjadikannya sebagai Yahudi, Nasrani, atau Majusi.
كَمَا تُنْتِجُ الْبَهِيْمَةُ بَهِيْمَةً جَمْعَاءَ هَلْ تُحِسُّونَ فِيْهَا مِنْ جَدْعَاءَ؟
sebagaimana (layaknya) hewan melahirkan anaknya yang sempurna, Adakah kalian melihat darinya buntung (pada telinga)?”
(HR Bukhariy, Muslim, dan selainnya)
Hadits ini merupakan perintah bagi orang tua agar mereka mendidik anak-anak mereka untuk TETAP DIATAS FITHRAH, sekaligus ancaman bagi orang tua yang mengajarkan kesesatan atau membiarkan anaknya berada diatas kesesatan.

Ada tiga kelompok yang masuk dalam ancaman hadits diatas:
1. orang tua yang mengajarkan anaknya aqidah dan akhlaq yahudi, nashara, majusi.
2. orang tua yang tidak mengajarkan (secara langsung), akan tetapi beraqidah serta berakhlaq yahudi, nashara dan majusi; atau menyerupai aqidah serta akhlak mereka.. sehingga ia mencontohkan kepada anaknya melalui perbuatannya.. sehingga anaknya mengikutinya.
3. orang tua yang tidak mengajarkan anaknya, tidak pula mencontohkan demikain, akan tetapi MEMBIARKAN anaknya... yakni dengan TIDAK MENDIDIK MEREKA dengan pendidikan Islam sejak dini, TIDAK MENJAGA PERGAULAN MEREKA serta TIDAK MENYEKOLAHKAN MEREKA ke sekolah yang benar..
wallaahu a'lam.
Maka hendaknya kita berusaha untuk menuntut ilmu dan mengamalkan ilmu tersebut untuk diri kita, kemudian mendakwahkan ilmu tersebut kepada keluarga kita (anak dan istri, khususnya anak) agar kita tetap diatas fithrah.. dan agar ia tidak teracuni aqidah maupun akhlaq yahudi, nashara maupun majusi.. apalagi sampai beragama dengan agamanya yahudi, nashara maupun majusi.. Na'udzubillah

No comments:

Post a Comment