Friday, November 23, 2012

Bagaimana Menjawab Ucapan Non Muslim Kepada Kita "Selamat Hari Raya Idul Fithri & Semisalnya"?

*MH - Majelis Hadits*

Masalah 223: BAGAIMANA MENJAWAB UCAPAN NON MUSLIM KEPADA KITA "SELAMAT HARI RAYA IDUL FITHRI & SEMISALNYA" ?

Tanya:
Hmmm ustad gmana membalas ucapan selamat idul fitr dari non muslim, kalau dibalas dng taqobballohu minna wa minkum berarti mendoakannya.
 شكرا جَزَاك اللهُ خَيْرًا

Jawab:
Bismillah. Jika ada non Muslim yang mengucapkan kpd kita, "Selamat Hari Raya Idul Fithri" atau kalimat semisalnya, maka janganlah kita menjawabnya dengan ucapan: "TAQOBBALALLAHU MINNA WA MINKUM" yg artinya; "semoga Allah menerima (amalan-amalan) dari kami dan dari kalian", atau doa-doa semisalnya. Yg demikian ini dikarenakan amalan-amalan kebaikan orang-orang non muslim (kafir) tidak ada yg diterima Allah sedikit pun.

Hal ini berdasarkan firman Allah ta'ala: (Wa Ma Mana'ahum an Tuqbala Minhum Nafaqootuhum illa annahaum kafaruu billahi wa bi Rosuulihi)

Artinya: "Dan infaq-infaq mereka tidaklah ditolak oleh Allah melainkan sebabnya karena mereka adalah orang-orang yg kafir kpd Allah n Rosul-Nya."

Dan jg berdasrkan firman Allah ta'ala: (Wa Qodimna ila Ma 'amiluu min 'Amalin Fa Ja'alnaahu Habaa-an Mantsuuro)

Artinya: "Dan Kami akan mendatangi amal-amal perbuatan mereka (orang2 kafir n musyrik, pent) lalu Kami menjadikannya hambur beterbangan."

Dan jg, dikarenakan mendoakan kebaikan, keselamatan, kesejahteraan, n kebahagiaan hidup bagi mereka (non muslim) tidak diperbolehkan dlm agama Islam. Yang Boleh hanyalah mendoakan agar Allah melimpahkan Hidayah-Nya kpd mereka.

Oleh karena itu, hendaknya kita sebagai seorang muslim menjawab ucapan mereka itu dengan mengucapkan: "Matur Nuwun, njiihh" (Terima Kasih, ya), atau "sami-sami" (sama-sama), atau kalimat semisalnya. Sehingga dengan demikian, tidak akan menimbulkan perasaan n dugaan yg neko-neko (pandangan negatif atau macam2) kpd kita. Bi idznillah.

Demikian jawaban yg dapat kami sampaikan. Smg bermanfaat. Wallahu a'lam bish-showab. Wabillahi at-taufiq.

No comments:

Post a Comment