Friday, November 23, 2012

Beramal Karena Balas Budi, Atau karena Menginginkan Balas Budi?

*Abu Ayaz*

BERAMAL KARENA BALAS BUDI, ATAU KARENA MENGINGINKAN BALAS BUDI?

سْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ

Barangsiapa yg beramal kebaikan, bukan dgn niat "beribadah kpd Allah, dan mengharap pahalaNya"... Niscaya ia akan mendapati keletihan dan keputusasaan dlm amalnya; shg kelak ia akan berhenti dlm amalnya tsb...

- Allah memerintahkan kita utk berbakti kpd kedua org tua kita... Demikian pula, Allah memerintahkan istri agar senantiasa taat kpd suaminya dlm kebaikan? Apakah kita akan tetap berbuat baik kepada mereka jika ada sesuatu yg tdk kita sukai pada diri mereka; atau mereka tdk menghargai atau membalas kebaikan kita; atau bahkan menzhalimi kita?

- Allah memerintahkan kita utk senantiasa menyambung shilaturrahim kpd keluarga kita... Jika ia memutus shilaturrahim, dan menzhalimi kita; apakah kita akan tetap berusaha menyambungnya?

- Allah memerintahkan kita Agar berbuat baik kepada tetangga.. Apakah kita tetap berbuat baik kpdnya meskipun kita tdk mendapatkan kebaikan atau bahkan keburukan dari mereka?

- Allah memerintahkan kita taat kepada penguasa kaum muslimin dlm kebaikan.. Apakah ketika mereka berbuat zhalim, apakah kita melepaskan ketaatan kita dan memberontaknya?

- Allah memerintahkan kita utk berakhlaq baik kpd manusia (khususnya lagi kaum muslimiin)... kalau misalkan kita mendapatkan kejelekan darinya; Apakah kita tetap Berakhlak baik padanya?

Jika seseorang yg beramal kebaikan diatas TERHENTI dlm kondisi diaas; maka pada hakikatnya ia hanyalah "berbalas budi" (atau menginginkan "balas budi" dari amalnya tersebut) bukan beramal shalih..

Adapun seseorang yg ikhlash; adlh beramal dlm rangka beribadah kpd Allah semata, dan mengharapkan pahalaNya.

Maka ia tidak peduli dgn apa yg ia hadapi dari orang yg dihadapinya tersebut;

- karena yg dilakukannya adlh BERIBADAH KPD ALLAH bukanlah utk MEMBALAS BUDI

- dan karena ia HANYA MENGHARAPKAN PAHALA dari Allah, bukan mengharapkan balas budi...

[Abu Zuhriy Rickiy]

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment