Friday, November 23, 2012

Congkak dan Sombong tak akan membawa kebahagiaan

*Elsad*

Orang-orang congkak dan sombong mengira sikap angkuh bisa menimbulkan rasa kagum manusia lain, padahal itu adalah salah satu sifat yang paling tidak disukai dan mudah mendatangkan kebencian.

Ayat Al-Qur'an yang menjelaskan kita kepada nasihat bijak Luqman kepada putra beliau mengungkapkan secara gamblang keangkuhan sikap dan penampilan seseorang,

"Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong), dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri." (Luqman [31]: 18)

Dalam ayat lain, orang-orang beriman dianjurkan untuk tidak berjalan dengan sikap angkuh,

"Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung." (al-Israa` [17]: 37)

Dengan ayat-ayat ini, Allah memberitahukan kepada kita bahwa Dia tidak menyukai mereka yang sombong dan memperingatkan kita agar menjauhi sikap seperti itu.

Kita harus senantiasa ingat bahwa kesombongan setan, yang tampak dari tuntutannya bahwa dia lebih tinggi dari makhluk-makhluk lainnya ciptaan Allah, yang menyebabkan dia tersingkir dari hadapan Allah Ta'ala.

Tak seorang pun yang senang berada di sekitar orang sombong!.

Siapa pula yang merasa nikmat berdampingan dengan orang-orang semacam itu?!

Umumnya setiap orang mengetahui bahwa orang-orang angkuh dan merasa diri lebih tinggi derajatnya, lebih banyak ilmunya, lebih banyak hartanya, memandang sepele dan merendahkan orang lain, dalam kenyataannya tidak lebih dari manusia biasa yang penuh dengan beragam cela dan kelemahan..!!

Di dalam mematuhi perintah Allah, manusia yang sederhana akan berjalan dan berprilaku dengan sikap sederhana, dan dengan demikian meraih kemuliaan dalam pandangan Allah dan orang-orang beriman seluruhnya.

Jangan Sombong..!!
Jangan Jumawa..!!

No comments:

Post a Comment