Tuesday, March 12, 2013

Hadits Qudsiy Ttg Beribadah Dapat Mencegah Kemiskinan

*MH*

Masalah 104: DERAJAT HADITS QUDSIY TENTANG MELUANGKAN WAKTU UNTUK BERIBADAH KEPADA ALLAH DAPAT MENCEGAH KEMISKINAN

Tanya:
بَارَكَ اللَّهُ فِيْك اُسْتَاذْ ...
----------------------
AfwanX_X , ana tanya lagi sbb..
Foward pertanyaan dari BBG AI Ilmu.. Sudah di-posting ulang tapi belum ada yg menjwb.. Mohon bantuan ustadz :

السَّلامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكَاتُهْ
Saya mau menanyakan hadits berikut shohih atau tdk yaa?
Rasulullah SAW bersabda..
Firman Allah SWT : Wahai anak Adam! Lapangkanlah masa untuk beribadat kepadaKu, nanti Aku akan penuhkan dadamu kekayaan, dan aku akan menutup kemiskinanmu,, Jika engkau tidak melakukan yang demikian,, nanti Aku penuhkan tanganmu dengan urusan dan kerja,, dan aku tidak menutup kemiskinanmu!

Hadith Qudsi Riwayat Ahmad


Jawab:
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Derajat hadits tsb SHOHIH.
Adapun lafazh asli hadits qudsy tsb adalah sebagai berikut:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى يَقُولُ يَا ابْنَ آدَمَ تَفَرَّغْ لِعِبَادَتِى
أَمْلأْ صَدْرَكَ غِنًى وَأَسُدَّ فَقْرَكَ وَإِلاَّ تَفْعَلْ مَلأْتُ يَدَيْكَ شُغْلاً وَلَمْ أَسُدَّ فَقْرَكَ »

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, dari Nabi shallallahu alaihi wasallam, beliau bersabda: "Sesungguhnya Allah Ta'la berfirman: "Wahai manusia, Luangkanlah waktumu untuk beribadah kepada-Ku, niscaya Aku akan penuhi dadamu dengan kekayaan (rasa cukup dan puas, pent) dan Aku akan menutup kemiskinanmu. Jika engkau tidak melakukan yang demikian itu, niscaya Aku akan penuhi kedua tanganmu (hari-harimu, pent) dengan kesibukan (pekerjaan2) dan Aku tidak akan menutup kemiskinanmu."

TAKHRIJ HADITS:
Hadits ini diriwayatkan oleh At-Tirmidzi IV/642 no.2466, Ibnu Majah II/1376, Ahmad II/358 no.8681, dan Ibnu Hibban II/119 no.393.
Syaikh Al-Albani rahimahullah menyatakan bahwa hadits ini SHOHIH, sebagaimana disebutkan di dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shohihah III/346 no.1359,
dan Shohih At-Targhib wa At-Tarhib III/127 no.3166, dan Shohih Ibnu Majah II/393 no.3315.

Demikian jawaban pertanyaan yg dapat saya sampaikan. Smg bermanfaat.

Syaikh Al-Albani rahimahullah menyatakan bahwa hadits ini SHOHIH, sebagaimana disebutkan di dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shohihah III/346 no.1359,
dan Shohih At-Targhib wa At-Tarhib III/127 no.3166, dan Shohih Ibnu Majah II/393 no.3315.

Demikian jawaban pertanyaan yg dapat saya sampaikan. Smg bermanfaat.

No comments:

Post a Comment