Tuesday, March 12, 2013

Do'a Dan Bacaan Utk Orang Yg Sdg Sakarotul Maut Atau Telah Wafat

*MH*

Masalah 103: DOA DAN BACAAN YANG PALING UTAMA KETIKA MENYAKSIKAN ORANG YANG SEDANG SAKAROTUL MAUT ATAU TELAH MENINGGAL DUNIA


Tanya:
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
ustad ana baru belajar salaf.....  Selama ini ana ikut yasiinan, tahlill dll, ana baru tau kalo itu semua bid,ah, ana pernah dengar keutamaan yasin sama dgn membaca quran, jika itu salah, baiknya jika ada orang yg sedang sakaratul maut atau sudah meninggall doa apa yg paling baik diucapkan, عَفْوًا  ustad ilmu ana masih sangat sedikit

Jawab:
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Pertama2 sy sangat senang dan bersyukur kpd Allah atas nikma hidayah kpd aqidah tauhid dan sunnah yg Allah anugerahkan kpd ibu Anggraini. Smg Allah selalu membimbing kita utk selalu istiqomah di atas nikmat tsb hingga akhir hayat.

Adapun jika kita berada di hadapan orang yg sedang sakratul maut atau akan meninggal dunia, maka bacaan yg paling wajib dan utama utk kita ajarkan n tuntunkan kpdnya adalah kalimat tauhid atau bacaan tahli yaitu La ilaha illallah (لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللّهُ ) sbgmn yg diperintahkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam kpd umatnya dlm hadits yg berbunyi: "LAQQINUU MAUTAAKUM LA ILAHA ILLALLAH." Artinya: "Talqinkanlah bacaan La ilaha illallahu (لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللّهُ ) kpd orang yg akan meninggal dunia diantara kalian."

Hal ini dikarenakan kalimat tauhid tsb sbgai kunci masuk surga jika ia mengucapkannya dengan ikhlas, hanya menghara ridho Allah dan yakin dengan maknanya. Sbgmn sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam di dlm hadits shohih yg diriwayatkan imam Bukhori: "MAN KAANA AKHIRU KALAMIHI LA ILAHA ILLALLAH MUKHLISHON MIN QOLBIHI DAKHOLAL JANNATA." Artinya: Barangsiapa yg akhir ucapannya (di dunia) adalah La ilaha illallah dengan penuh keikhlasan dari dalam hatinya, maka ia pasti masuk surga."

Jadi inilah tuntunan Nabi shallallahu alaihi wasallam bagi orang yg berada di sisi orang yg akan meninggal dunia. Bukan dengan dibacakan surat Yasin atau selainnya, karena hadits-hadits ttg keutamaan membaca surat yasin tidak ada satupun yg shohih dari Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Dan Nabi bersabda: "WA KHOIRUL HADYI HADYU MUHAMMADIN." Artinya: "dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Wabillahi at-taufiq.

Penanya:
Mohon bimbingannya selalu ustad, keluarga besar kami nasrani,  اَلْحَمْدُلِلّهِ anna hadir dikajian ustad Khalid Basalamah diajak iikut group alilmu

Jawab:
Iya إِنْ شَاءَ اللّهُ kami dengan senang hati bersedia memberikan bimbingan agama Islam sesuai tuntunan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sesuai dengan kapasitas ilmu yg Allah anugerahkan kpd kami. Kami ikut berdoa agar Allah memberikan hidayah Islam kpd keluarga besar ibu, sehingga dapat berkumpul kembali sekeluarga di dunia dan akhirat di dlm Surga Allah yg penuh dengan kenikmatan yg hakiki dan abadi.

Penanya: شُكْرًا ustad doanya, maaf ana mau tanya lagi, kalo kita mendoakan orangtua siapapun yg sudah meninggal, doa apa yang paling baik, ana pernah dikasihtau alfatihah 3x alikhlas 3x, apakah benar, عَفْوًا  ana tanya terus

Jawab:
Doa seorang anak bagi orang tuanya atau kakek n neneknya baik yg masih hidup atau telah meninggal dunia adalah "ROBBIGHFIR LI WA LIWALIDAYYA WARHAMHUMA KAMA ROBBAYANI SHOGHIRO", atau dengan doa-doa lain menggunakan bahasa kita yg maknanya adalah memohon kpd Allah ampunan, rahmat, kebaikan dan keselamatan bagi mereka di dunia dan akhirat. Kmdian seorang anak bersemangat dlm mempelajari agama Allah dan memperbanyak amal sholih, karena semua kebaikan yg dilakukan oleh seorang anak pahalanya akan sampai (mengalir) kpd orang tuanya yg muslim dan ahli tauhid, bukan ahli syirik, mskipun ketika beramal tanpa diniatkan pahalanya utk orang tua yg masih hidup atau tlh mati.

Adapun membaca surat Al-Fatihah 3 x, Al-Ikhlas 3 x atau Yasin 3 x atau Al-Baqoroh 3 x maka penentuan jumlah tsb tidak ada tuntunannya dari Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Jadi sebagai anak, silakan baca Al-Quran Al-Karim surat apa saja namun tanpa membatasi jumlah.

No comments:

Post a Comment