Tuesday, March 12, 2013

Berdo'a Setelah Salam Pada Sholat Fardhu

*MH* 

Masalah 99: HUKUM BERDOA SETELAH SALAM DARI SHOLAT FARDHU

Tanya:
Bismillah.
 ‎​السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ustadz, Tentang pertanyaan di MHA 6, tentang mengusap wajah, disitu Ustadz jelaskan juga tentang berdoa setelah sholat. Ana takutnya, hal itu dianggap trmsk sunnah nabi صلى الله عليه وسلم, dmn setelah salam, baca dzikir, kemudian berdoa. Sedangkan yang ana pahami, hal tersebut (berdoa setelah sholat fardhu) tidak disunnahkan, karena tidak ada contohnya dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم, namun juga tidak terlarang. Mohon penjelasannya, baik kepada ana maupun di grup, m'ingat banyak yang masih awam. ‎​بارك الله فيكم

Jawab:
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Berdoa dan berdzikir kpd Allah ada 2 macam:

1) doa dan dzikir yg mutlak, tidak dibatasi dengan waktu, tempat, bilangan dan kesempatan tertentu.

2) doa dan dzikir muqoyyad, terbatas dan terikat dengan waktu, tempat, bilangan dan kesempatan tertentu.

Dan apa yg sy sebutkan dlm jawaban pertanyaan seorang member di MHA 6 adalah trmasuk dlm bagian doa dan dzikir yg pertama. Dimana seorang hamba diberi kebebasan dan pilihan untuk memanjatkan doa kpd Allah stlh melaksanakan ibadah yg paling agung, yaitu sholat dan dzikir stlhnya. Dan dibolehkan pula tidak berdoa. Sehingga dlm hal ini tidak ada pengingkaran karena bukan termasuk amalan bid'ah.

Doa yang diingkari oleh sbgian ulama sunnah adalah doa yg dipanjatkan oleh seorang hamba setelah ia selesai salam dari sholat dan sblm berdzikir dengan dzikir2 yg diajarkan oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam.
  ** Mar 31 Sat 20:19 **
  Muhammad Wasitho Abu Fawaz: Bahkan syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah menganggap doa tsb adalah bid'ah karena menyelisihi tuntunan Nabi shallallahu alaihi wasallam. Adapun doa yg dipanjatkan setelah dzikir dari sholat fardhu maka trmasuk dlm keumuman adab2 dlm berdoa, yaitu doa dilakukan stlh seseorang melakukan amal sholih dan stlh memanjatkan puja puji syukur kehadirat Allah ta'ala.

Bahkan syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah menganggap doa tsb adalah bid'ah karena menyelisihi tuntunan Nabi shallallahu alaihi wasallam. Adapun doa yg dipanjatkan setelah dzikir dari sholat fardhu maka trmasuk dlm keumuman adab2 dlm berdoa, yaitu doa dilakukan stlh seseorang melakukan amal sholih dan stlh memanjatkan puja puji syukur kehadirat Allah ta'ala. Demikian penjelasan sy. Smg bisa dipahami n mnjadi ilmu yg bermanfaat. Wallahu ta'ala a'lam bish-showab.

Penanya: نعم  Ustadz, Paham, ‎​‎​اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ
جَزَاك اللهُ خَيْرًا

Jawab: اَلْحَمْدُ لِلّهِ ,  وَ ​جَزَاك اللّهُ خَيْرًا

No comments:

Post a Comment