Saturday, March 23, 2013

Hadits Shahih Seputar Sya'ban

*SBY*

*HADITS SHAHIH SEPUTAR SYA'BAN*

1. Dari 'Aisyah ra: "Bulan yg paling disenangi oleh Rasulullah utk berpuasa adalah bulan Sya'ban".(HR. An Nasa'I 4/199.
Ibnu Khuzaimah dlm ash Shahih III no 2077. Al Hakim 1/434).
2. Dari 'Aisyah ra: "Tdklah Nabi berpuasa dlm sebulan yg lbh banyak daripada bulan Sya'ban". (HR. Bukhari 1969, 1970, Muslim 1156, Abu Dawud 2434, Ibnu Majah 1710, Tirmidzi 737 dll)
3. "Dari Usamah Bin Zaid dia berkata : Aku berkata : Wahai Rasulullah, aku tdk melihat engkau berpuasa di suatu bulan spt engkau berpuasa pada bulan Sya'ban? Beliau menjawab: "Itulah bulan dimana org2 lalai trrhadapnya, yaitu antara bln Rajab & Ramadhan, dialah bulan dimana semua amal diangkat kpd Rabb alam semesta, maka aku ingin jika amalku diangkat ketika aku sdang puasa". (HR. Abu Dawud 2431, An Nasa'i 4/201. Al Albani Menghasankan dlm Irwa' al Ghalil4/103).

Catatan:
1. Amal diangkat di bln Sya'ban, tanpa ada keterangan khusus malam Nishfu Sya'ban. Ttp bulan Sya'ban secara mutlak.
2. Amalan yg dikerjakan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam Hanyalah Puasa hampir sebulan. Tdk ada amalan selain itu yg shahih.

*HADITS PALSU SEPUTAR NISHFU SYA'BAN*

1. Dari Ali Bin Abu Thaalib: Nabi Bersabda: "Bila malam prtengahan bulan Sya'ban tiba maka shalatlah di malam harinya & puasalah di siang harinya, krn sesungguhnya Allah turun pada malam itu saat mata hari tenggelam ke langit dunia, lalu Dia berfirman: "Adakah org yg meminta ampun, maka Aku pasti mengampuninya? Adakah org yg meminta rizki maka Aku pasti m'berinya? Adakah org yg trtimpa musibah maka pasti Aku mnyelamatkannya? Adakah ini, adakah itu.....hingga fajar terbit" (HR. Ibnu Majah 1388). Al Mubarakfuri dlm Tuhfat al Ahwadzi 3/444 BELIAU MENGATAKAN:
HADITS INI SANGAT LEMAH/PALSU.
2. Dari Ali: "bila pada hari itu (Nishfu Sya'ban) seseorangg berpuasa maka ia seperti berpuasa selama 60 tahun yg akn datang".
Imam Ibnul Jauzi dlm kitabnya Al Maudhu'at(Hadits2 Palsu), beliau mngatakan: HADITS INI PALSU.
SANADNYA GELAP.

No comments:

Post a Comment