Tuesday, March 12, 2013

Batasan Aurat Musliman Dihadapan Sesama Wanita

*MH*

 Masalah 97: BATASAN AURAT WANITA MUSLIMAH DI HADAPAN SESAMA WANITA

Tanya:
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Atas postingan Tanya Jwb Masalah 71: HUKUM SENAM BAGI WANITA MUSLIMAH
ada yg menanyakan sbb; mohon bantuan ustadz menjwbnya...

asalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh, ustadz saya mau tanya, Adakah hukum yg membahas batasan aurat bagi sesama wanita ? Kemudian jika melakukan senam atau aerobic, sebatas mana pakaian itu boleh di gunakan, krn biasanya pakaian senam itu agak ngepress utk tubuh. Syukran,
 جزاكم الله خير الجزاء

Jawab:
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Batasan aurat wanita muslimah di hadapan wanita yg lain baik itu sesama muslimah atau wanita non muslim adalah dari pusar hingga lutut sbgmn aurat laki2 di hadapan laki2. Akan tetapi mskipun demikian, sdh mnjadi kewajiban bg wanita muslimah agar mempunyai rasa malu dan mnjadi suri tauladan yg baik bagi wanita2 muslimah yg lain, yaitu dngn tdk membuka tubuhnya di hdpn wnita lain kecuali membuka bagian yg tlh mnjadi kbiasaan bg wnita muslimah yg taat di hdpn wnita2 lain. Hal yg demikian itu lbh utama n selamat dari fitnah.

Adapun jawaban sy pd masalah 71 yg membolehkan senam aerobic bg wanita2 muslimah adalah apabila mrk memakai pakaian yg longgar dan tdk transparan serta tidak ada laki2 yg melihat atau ikut serta dlm senam aerobic tsb dan jg tdk ada musiknya. Adapun jika wanita muslimah memakai pakaian ketat dan transparan sehingga menampakkan bentuk tubuhnya maka hukumnya tidak boleh. Wallahu a'lam bish-showab.

No comments:

Post a Comment