Tuesday, March 12, 2013

Hadits Penetapan Harga Oleh Pemerintah

*MH*

Masalah 98: DERAJAT HADITS TAS'IIR (PENETAPAN KEBIJAKAN HARGA OLEH PIHAK PEMERINTAH/PENGUASA)

Tanya:
Asalamu'alaikum ..
Usatdz mau tanya kedudukan hadits ini bagaimana.jazaakallaah khayr

di zaman sahabat pernah terjadi kenaikan harga, mereka pun mendatangi Rasulullah dan menyampaikan masalahnya, Mereka (shahabat) mengatakan; "Wahai Rasulullah, harga-harga barang banyak yang naik, maka tetapkan keputusan yang mengatur harga barang."

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab; "Sesungguhnya Allah adalah Dzat yang menetapkan HARGA, yang menyempitkan dan melapangkan rezeki, Sang Pemberi rezeki. Sementara aku berharap bisa berjumpa dengan Allah dalam keadaan tidak ada seorang pun dari kalian yang menuntutku disebabkan kedzalimanku dalam urusan darah maupun harta."
(HR. Ahmad, Abu Daud, Turmudzi, Ibnu Majah, dan dishahihkan Al-Albani)

Jawab:
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Ibu Kiki yg semoga dirahmati Allah, hadits tsb derajatnya SHOHIH. Berikut ini akan sy cantumkan lafazh haditsnya.

عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَالَ النَّاسُ يَا رَسُولَ اللَّهِ غَلاَ السِّعْرُ فَسَعِّرْ لَنَا. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمُسَعِّرُ الْقَابِضُ الْبَاسِطُ الرَّازِقُ وَإِنِّى لأَرْجُو أَنْ أَلْقَى اللَّهَ وَلَيْسَ أَحَدٌ مِنْكُمْ يُطَالِبُنِى بِمَظْلَمَةٍ فِى دَمٍ وَلاَ مَالٍ ».

(HR. Abu Daud II/293 no.3451, At-Tirmidzi III/605 no.1314, Ibnu Majah
II/741 no.2200, dan Ahmad III/286 no.14089. dan dinyatakan SHOHIH oleh Syaikh Al-Albani di dalam Shohih Sunan Ibnu Majah II/14 no.1787, dan
di dalam Tahqiq Misykat Al-Mashobih II/153 no.2984).

Penanya:
Aamiin,jazaakallaahu khayran, Baarakallaahu fiik Yaa Ustadz.

Jawab: آمين, وَ ​جَزَاك اللّهُ خَيْرً
ا

No comments:

Post a Comment