Saturday, March 23, 2013

Puasa Mengada-ada Di Awal Rajab

*SBY*

Puasa yang Mengada-ngada di Awal Rajab

Ada yang dapat broadcast semacam ini:
"Besok tanggal 22 mei 2012 kita masuk awal bulan Rajab & barang siapa puasa 2 hari diawal Rajab seakan ibadah 2 tahun dan barang siapa mengingatkan orang lain tentang ini seakan ibadah 80 tahun..."

Sayyid Sabiq berkata, “Adapun puasa Rajab, maka ia tidak memiliki keutamaan dari bulan haram yang lain. Tidak ada hadits shahih yang menyebutkan keutamaan puasa Rajab secara khusus. Jika pun ada, maka hadits tersebut tidak bisa dijadikan dalil pendukung.” (Fiqh Sunnah, 1: 401).

Baca mengenai artikel puasa Rajab sebagai berikut:
1. Derajat hadits puasa rajab: http://rumaysho.com/belajar-islam/amalan/3450-puasa-khusus-di-bulan-rajab-berdasarkan-hadits-dhoif-dan-palsu.html
2. Puasa khusus di bulan Rajab: http://rumaysho.com/belajar-islam/amalan/3800-puasa-khusus-di-bulan-rajab.html
3. Adakah anjuran puasa di bulan Rajab: http://rumaysho.com/belajar-islam/amalan/2608-adakah-anjuran-puasa-di-bulan-rajab.html

Mohonlah selalu berilmu sebelum beramal. Tidak boleh seorang muslim beramal berdasarkan hadits dho'if bahkan palsu. Namun beramal-lah sesuai yang Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam ajarkan dalam hadits yang shahih. Jika punya kebiasaan puasa sunnah di bulan Rajab, yang monggo silakan. Namun jangan mengada-ngada dengan membuat-buat puasa yang khusus.

No comments:

Post a Comment