Monday, March 11, 2013

Isbal

*MH*

Masalah 30 : Isbal

Pertanyaan :
MHA 4: Assalamu'alaikum ukhty Aisy,bisa tolong carikan hadits ttg cara Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam berpakaian? Kalo bs 2 atau 3 hadits. Jika ada alamat web yg bs kubuka ttg itu juga boleh.

Anakku yg laki-laki pengin tau,krn kalo kita dah jelas beda dg pakaian wanita non-muslim,kalo laki2? Apa cuma batas pjg celana,mengenakan gamis&celana putih dan berjanggut yg menndakan dia laki-laki muslim?

Jawab  Muhammad Wasitho Abu Fawaz:

Ibu Galuh:

 وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ.

Kriteria pakaian syar'I bagi laki2 muslim:  1. Tidak ketat, 2. Tidak transparan, 3. Tidak menyerupai pakaian orang kafir dan fasiq, 4. Bukan pakaian yg dpt menarik perhatian kebanyakan orang atau karena menyelisihi pakaian masyarakat setempat selama tdk melanggar aturan syariat. 5. Tidak menutupi mata kaki, 6. Tidak berlebihan atau boros (relatif). Inilah kriteria pakaian syar'I.


 Jadi tidak harus pakai gamis + celana putih. Kita para lelaki muslim di indonesia pake baju koko / baju takwa + sarung atau celana/sirwal asalkan memenuhi kriteria di atas sdh trmasuk pakaian islami. Warna celana jg boleh selain putih, spt hitam, coklat, biru, hijau dll.

Adapun masalah jenggot, bagi laki2 yg tumbuh jenggotnya maka hendaknya dibiarkan tumbuh dan dipelihara, jangan dicukur atau dipendekkan karena ini diperintahkan oleh Nabi dlm bbrp hadits shohih dlm rangka mnyelisihi kaum yahudi, majusi dan orang2 musyrik yg biasa mncukur atau memendekkan jenggot. Adapun bagi laki2 yg sdh dewasa dan smpai punya anak dan putu (cucu) trnyata belum tumbuh juga jenggotnya maka ia tidak apa-apa (yakni tidak berdosa), karena Allah telah menentukan demikian. Wabillahi at-taufiq.

No comments:

Post a Comment