Monday, March 11, 2013

Kiat Hidup Bahaga

*MH*

Masalah 66: KIAT HIDUP BAHAGIA DAN CARA MENGOBATI HATI YANG GELISAH DAN SEMPIT


Tanya:
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Ust, ad tmn yg tny ap yg kt lakukan klo hati ni srg gelisah,ad tips2 nya ga spy ga gelisah?

Jawab:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Terdapat banyak kiat atau amalan yg dpt mengobati dan mnghilangkan kegelisahan, diantaranya:

1) Bertaubat kpd Allah dan memperbanyak bacaan istighfar (permohonan ampun) atas segala dosa n kesalahan yg kita lakukan. Sebab dosa n maksiat memiliki banyak pengaruh yg sangat buruk, diantaranya, menyebabkan kegelisahan dan kesedihan dan kesempitan di dlm dada.

2) memperbanyak amal-amal ibadah n ketaatan kpd Allah, dengan mendahulukan yg wajib kmdian yg sunnah dengan niat yg ikhlas dan sesuai tuntunan Nabi shallallahu alaihi wasallam. Sebab amal2 bid'ah justru smkin menambah gelisah n mendatangkan dosa n kemurkaan dr Allah.

3) Banyak membaca Al-Quran Al-Karim dan dzikir2 syar'I yg datang dari Nabi shallallahu alaihi wasallam di dlm hadits2 yg shohih.

4) Giat dlm menghadiri majlis ta'lim yg dibacakan n diajarkan di dlm Al-Quran n as-Sunnah dengan pemahaman yg benar. Hal ini sbgmn yg dikabarkan Nabi ttg keutamaan duduk n berkumpul di rumah Allah utk mpelajari agama-Nya, diantaranya, Allah akan menurunkan ketenangan kpd mereka yg hadir.

5) Bergaul dengan orang2 yg sholih yg selalu mengajarkan kebaikan n memperingatkan dari segala keburukan.

6) mempelajari Aqidah Tauhid dengan benar, karena akan mengenalkan seorang hamba ttg Rabbnya, dan ttg hakikat n tujuan utama keberadaannya dlm kehidupan dunia yg fana ini.

7) memperbanyak doa kpd Allah, agar Dia menganugerahkan kehidupan yg bahagia n menjauhkan dari segala keburukan, kesempitan, dan kesengsaraan di dunia n akhirat.

Demikian bebrapa kiat agar kita dapat hidup bahagia di dunia n akhirat. Semoga dpt dipahami n bermanfaat bagi kita semua. Maaf baru balas karena tertumpuk dengan BM2 yg cukup banyak.

No comments:

Post a Comment