Monday, March 11, 2013

Naqsyabandiyah

*MH*

Masalah 56: SIAPAKAH NAQSYABANDIYAH DAN BAGAIMANA AQIDAH MEREKA ?

Tanya:
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Ustadz ada pertanyaan di MHA
Naqsabandiyah itu apa? Apakah aqidahnya membahayakan?

جَزَاك اللّهُ خَيْرًا

Jawab:
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Naqsyabandiyyah adalah salah satu tarekat diantara tarekat-tarekat Shufi. Dinamakan Naqsyabandiyyah karena dinisbatkan kpd pendirinya yg bernama Baha-uddin Nasyabandi. Tarekat Naqsyabandiyyah ini merupakan kelompok sesat dan batil yg telah tersebar di berbagai penjuru dunia, di timur tengah, di amerika, eropa, afrika, asia, dan trmsuk di negara kita ini.

Tarekat Naqsyabandiyyah memiliki aqidah dan pemikiran yg sesat dan batil, bahkan sampai pada batas kekufuran dan kesyirikan, diantaranya:

1). Mereka meyakini bahwa para syaikh / kiyai / ulama memiliki ilmu ghaib, sehingga dengan itu mereka dpt mengetahui perkara-perkara ghoib baik yg terjadi di zaman dahulu maupun kejadian-kejadian di waktu mendatang. Bahkan pada saat yg sama mereka juga meyakini bahwa Allah tidak mengetahui perkara ghoib. Ini jelas2 aqidah kekufuran yg mengeluarkan pelakunya dari agama Islam.


2) Mereka mendoktrin jama'ah yg telah bergabung dengan tarekat Naqsyabandiyyah ini dengan suatu doktrin yaitu: seorang murid wajib taat n tunduk thdp setiap perintah syaikh / gurunya, dan wajib berbaik sangka padanya, serta tidak boleh menanyakan kpdanya 'mengapa begini dan begitu'.

3) Mereka berkeyakinan bahwa hubungan seorang hamba dengan Allah hanya dilakukan dengan bertaqorrub kepada-Nya dengan senantiasa membayangkan syaikh / gurunya dlm pikirannya dan diantara kedua matanya ketika berdzikir kpd Allah.

4) Mereka juga memiliki syaikh atau guru yg tidak terbatas pada manusia sj, bahkan mereka mempunyai syaik n guru dari bangsa Binatang seperti kuda, singa, kucing, lebah dsb.

5) Mereka juga mengatakan bahwa Allah subhanahu wa ta'ala melakukan sholat sebagaimana kaum muslimin sholat.

6) Mereka menyangka bahwa imam n syaikh besar mereka Baha-uddin Naqsyabandi (pendiri tarekat Naqsyabandiyyah) pernah mengatakan kpd seseorang, 'matilah engkau', lalu orang itu pun mati. Kmdian ia berkata lg kpdanya, 'bangkitlah dlm keadaan hidup', maka orang itu pun hidup kembali.

Itulah beberapa akidah dan pemikiran tarekat Naqsyabandiyyah yg dpt sy sebutkan. Sbnrnya masih banyak lg akidah n pemikiran mereka yg sesat, batil n merupakan kekufuran kpd Allah, penghinaan kpd Nabi Muhammad, dan pelecehan thdp syariat Islam. Tapi sy kira apa yg tlh sy sebutkan di atas sudah cukup utk mengetahui kesesatan tarekat ini , dengan harapan agar kita semua menjauhinya sejauh-jauhnya dan memperingatkan kaum muslimin agar tdk bergabung atau terpengaruh dengan mereka. Smg jawaban singkat ini bermanfaat bagi kita semua.

Penanya: اَلْحَمْدُ لِلّهِ udah seesai ya ustadz? Ana posting ya? ​جَزَاك اللّهُ خَيْرًا

Jawab: آمين يا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ, وَ ​جَزَاك اللّهُ خَيْرًا
Silakan diposting.

No comments:

Post a Comment