Monday, March 11, 2013

Jamak dan Qoshor Ketika Safar

*MH*

Masalah 32: TATA CARA MENJAMAK DAN MENGQOSHOR SHOLAT KETIKA SAFAR

Tanya:
Assalamu'alaikum. Ustadz ada pertanyaan. Kasus : naik kreta dr JKT ke SBY brgkt jam 3 sore blm adzan asar, dijadwalkan sampai SBY jam 8 pagi. Bagaimana sholatnya yg afdol? antara jamak takdim, takhir, qasar . Syukron , jazakumulloh atas jawabanya

Jawab:
Jika seseorang melakukan safar maka lebih dianjurkan utk mengQoshor (meringkas) sholat yg 4 rokaat mnjadi 2 rokaat. Dan dibolehkan menjamak (menggabungkan) antara 2 sholat pada salah satu waktu sholat dari keduanya. Baik jamak taqdim maupun ta'khir.

Utk kasus tsb; jika kereta api tidak berhenti di stasiun atau berhenti tp waktunya tdk cukup utk sholat di masjid, dan dikhawatirkan akan ketinggalan kereta, maka hendaknya ia sholat ashar, maghrib, isya dan subuh di dalam kereta api. Sholat Ashar dilakukan pada waktunya. Kemudian utk sholat maghrib dan isya boleh dijamak dan dikerjakan pada salah satu waktu dari keduanya. Sedangkan sholat shubuh dikerjakan pada waktunya. jika memungkinkan sholat sambil berdiri mk itu lbh utama, tp jk tidak bisa, maka boleh sambil duduk. Demikian penjelasan singkat utk kasus ini. Smg dpt dipahami dan bermanfaat. Wallahu a'lam bish-showab..

No comments:

Post a Comment