Monday, March 11, 2013

Makna Kufur / Kafir

*MH*

Masalah 64: MAKNA KUFUR / KAFIR DAN MACAM-MACAMNYA

Tanya:
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ , kefa haluk ya ustadz?, semoga ustadz dan keluarga senantiasa dilindungi اَللّهُ سبحانه وتعال ,
ustadz , sy mau tanya makna hadits, "Bersegeralah beramal sebelum datangnya fitnah yang bagaikan malam yang gelap gulita, seseorang beriman di waktu pagi dan menjadi kafir di waktu sore, beriman di waktu sore dan menjadi kafir di waktu pagi, ia menjual agamanya dengan kesenangan dunia”. (HR Muslim).[3]" itu contohnya org yg beriman di waktu pagi dan kafir di waktu sore itu spt apa ya ustadz? Apakah org yang bermaksiat di sore hari misalnya karaoke, menonton film, nyanyi2 termasuk dlm golongan spt ini? ‎​شُكْرًا ,‎​‎​جَزَاك اللهُ خَيْرًا


Jawab:
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sy sekeluarga dlm keadaan baik, اَلْحَمْدُ لِلّهِ Dan sy ucapkan: آمين يا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ, وَ ​جَزَاك اللّهُ خَيْرًا atas doanya yg tulus. Smg ibu sekeluarga jg demikian keadaannya.

Yg dimaksud dengan sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam: (beriman di waktu pagi dan menjadi kafir di waktu sore) adalah orang mukmin yang melakukan kekufuran dengan perkataan, atau perbuatan atau keyakinannya. Baik itu kufur kecil maupun kufur akbar.

Sebagai contoh: Allah menurunkan hujan kpd seorang hamba di waktu malam, lalu di pagi harinya hamba tsb mengatakan atau meyakini bahwa hujan itu turun karena bintang ini dan bintang itu. Ia tidak bersyukur kpd Allah yg memberinya nikmat hujan. Atau dia diberi nikmat sehat, lalu pd suatu waktu Allah mengujinya dengan sakit, lalu dia berobat ke dokter atau bahkan ke dukun dan sejenisnya, dan ternyata dengan izin Allah sakitnya sembuh, lalu dia mengatakan atau berkeyakinan bahwa dokter fulan atau dukun fulan lah yg tlh menyembuhkan sakitnya. Dan masih banyak lagi contoh2 kekufuran lainnya.

Penanya:
Kufur itu artinya kita berbuat maksiat ya ustadz?

Jawab:
Kufur atau kafir dlm bhs arab artinya mengingkari dan menutupi. Sedangkan makna kufur dlm istilah syar'i ialah setiap keyakinan, perkataan, perbuatan atau tindakan meninggalkan sesuatu yang bertentangan dengan keimanan.

Penanya:
Ooh, na'am brarti kufur itu bisa juga kufur nikmat ya ustadz, cenderung ke arah syirik begitu ya?

Jawab:
Iya kufur itu ada dua macam:
1) Kufur Akbar (besar atau kufur I'tiqodi) yg mengeluarkan pelakunya dari agama Islam, membatalkan semua amal sholih dan mengekalkan pelakunya di dlm api neraka jika meninggal dunia dlm keadaan blm taubat. Seperti kufur karena mengingkari salah satu rukun Islam n iman, mengingkari adanya surga dan neraka, berkeyakinan atau menganggap semua agama benar, dsb. Atau kufur karena sombong dan menentang perintah Allah, sprti kekufuran Iblis karena sombong n menolak perintah Allah agar sujud kpd nabi Adam alaihis salam. Atau seseorang menolak berangkat ke masjid utk sholat berjama'ah karena ia memandang bhwa sholat berjamaah itu tlh menyamakan kedudukannya dengan orang2 fakir n miskin. Trmsuk dlm kufur akbar jg, kufur karena menghina n mengolok2 Allah, Al-Quran, nabi dan syariat Islam. Juga kufur karena membenci sbgian hukum dan syariat Allah. Dan masih banyak contoh2 kufur akbar yg belum sy sebutkan.

2) Kufur Ashghor (kecil atau kufur 'amali)tidak mengeluarkan pelakunya dri agama islam, tetapi hanya mengurangi kesempurnaan iman, sbgai contoh: kufur nikmat, mencela nasab keturunan, membunuh jiwa orang muslim tanpa alasan syar'i, dsb.

Penanya: جَزَاك اللهُ خَيْرًا ustadz


Jawab: آمين يا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ, وَ ​جَزَاك اللّهُ خَيْرً
ا


No comments:

Post a Comment